Senin, 04 November 2013

Analisis kelebihan dan sistem informasi antara perusahaan TV berlangganan



Saat ini banyak masyarakat di Indonesia yang sudah menggunakan tv berbayar, selain lebih banyak channel yang ditawarkan , tv berbayar juga menawarkan tayangan-tayangan drama dan film-film terbaru dari mancanegara . Salah satunya adalah PT. Cipta Skynindo didirikan pada bulan November 2008, PT. Cipta Skynindo adalah perusahaan yang berjalan di bidang televisi satelit berlangganan.

Kelebihan kekuatan PT.Cipta Skynindo :
1.      Memiliki produk yang berkualitas
Channel yang ditawarkan sudah berkualitas MPEG-4 dan kualitas High Defenition
sehingga para konsumen dapat menikmati kualitas channel tv dengan jernih,jelas dan
tajam.
2.      Harga sangat kompetitif dibandingkan dengan kompetitor
Harga yang ditawarkan oleh PT. Cipta Skynindo mampu dicapai oleh kelas menengah
ke bawah, sehingga tidak ada batasan,semua kalangan dapat menikmati layanan
Skynindo.
3.      Mempunyai beragam channel Mandarin
PT.Cipta Skynindo memiliki banyak channel-channel Mandarin yang lagi booming di
kalangan ibu-ibu maupun anak muda seperti channel CCTV-4, CTV, TTV, CTS, Asia
Travel.
4.      Gratis channel free to air tanpa berlangganan
Customer PT.Cipta Skynindo dapat menikmati channel-channel free to air atau gratis
tanpa dikenakan biaya setelah customer tersebut memiliki decoder atau receiver.
Channel-channel yang dapat dinikmati oleh customer Skynindo antara lain : NHK World,
LBS Tv drama, LBS Tv movie, LBS Tv Music, TransTv, Trans7, SCTV, ANTV,
Indosiar, Metro TV, SpaceToon,JakTV,dll.
5.      Memiliki teknisi yang handal
PT.Cipta Skynindo memiliki teknisi yang handal yang mampu melayani dan
mengatasi masalah customer dengan cepat, menjawab dan mengatasi masalah konsumen
dengan cepat sehingga kepuasaan konsumen selalu terjaga.
Rekapitulasi faktor-faktor yang dikategorikan sebagai kelemahan PT.Cipta Skynindo
1.      Tidak memiliki channel HBO dan Fox Movie
PT.Cipta Skynindo tidak memiliki channel HBO dan Fox Movie, channel yang
merupakan favorit banyak orang.
2.      Memerlukan posisi parabola minimal setinggi 6 kaki
Untuk berlangganan dan menikmati paket-paket yang ditawarkan oleh PT.Cipta
Skynindo, para konsumen sebelum berlangganan harus memastikan posisi parabola
minimum setinggi 6 kaki untuk menjamin parabola mendapatkan signal dengan bagus.
3.      Memerlukan biaya yang tinggi untuk berlanganan pertama kali nya.
Untuk pertama kali berlangganan dengan PT.Cipta Skynindo, konsumen perlu
mengeluarkan biaya untuk jasa instalansi sebesar Rp 200.000,00 dan biaya membeli
decorder. Untuk decorder tipe SD500 diperlukan biaya sebesar Rp 450.000,00 dan untuk
decorder tipe HD800 yang bisa menggunakan kabel HDMI untuk mempertajam gambar,
diperlukan biaya sebesar Rp 600.000.
4.      Kurangnya kinerja dari sales perusahaan
Sales yang ditunjuk oleh perusahaan masih belum bisa memberikan kinerja yang
bagus dan memuaskan bagi perusahaan. Tingkat penjualan yang ditargetkan kepada
setiap sales masih belum bisa tercapai.
5.      Kurangnya promosi dari perusahaan
Sampai saat ini PT. Cipta Skynindo masih kurang gencar dalam hal promosi.
PT.Cipta Skynindo masih kurang melakukan promosi melalui media-media sosial
dibandingkan dengan para pesaingnya, sehinga masih belum dikenal oleh masyarakat
luas.

Selain itu, ada juga PT. Matahari Lintas Cahaya berdiri pada tanggal 8 agustus 1988 dengan produk bernama Inndovison mulai memasarkan produk jasa pendistribusian tayangan televisi berlangganan melalui satelit pada awal 1994. Indovision debagai operator televisi berlangganan melalui satelit mendistribusikan tayangan lebih dari 40 channel (termasuk radio) baik lokal maupun mancanegara ke seluruh wilayah Indonesia menggunakan frekuensi S-band. Dengan dekorder digital dan antena parabola mini. Indovision menawaarkan pelayanan pendistribusian tayangan yang berkualitas tinggi.
Keunggulan Indovision :


1.      Indovision merupakan operator televisi berlangganan melalui satelit pertama di Indonesia

2.      Satelit indovision memiliki jangkauan di seluruh wilayah indonesia sehingga semua program yang ada dapat dinikmati oleh semua pelanggan di seluruh Indonesia.
3.      Dengan frekuensi S-band, satelit yang digunakan Indovision lebih tahan terhadap perubahan cuaca yang dialami negara tropis pada umumnya seperti hujan, banjir, dan lain-lain.
4.      Teknologi digital indovision memungkinkan terjadinya transmisi sinyal digital yang menawarkan beraneka tayangan dengan gambar dan suara lebih berkualitas dibandingkan mereka yang menggunakan tegnologi analog.
5.      Dengan menggunakan dekorder digital dan antena parabola mini, perangkat indovision sangat mudah dipindah-pindahkan bahkan keluar kota sekalipun.
6.      Beberapa saluran televisi di Indovision memiliki kemampuan untuk ditayangkan dalam alternatif lebih dari satu bahasa.
7.      Sistem parental lock memungkinkan para pelanggan orang tua mengunci acara-acara tertentu yang tidak diperkenankan untuk ditonton usia dibawah umur dengan password.
8.      Sistem Electronic Programme guide (EGP) memungkinkan para pelanggan Indovision mendapatkan tampilan jadwal acara semua saluran untuk hari ini dampai dengan 7 (tujuh) hari kedepan. Selain itu, EGP juga memungkinkan para pelanggan memilih dan memesan acara yang ingin ditonton dari jadwal yang ada.

 Dari kedua perusahaan dapat dilihat bahwa PT. Matahari Lintas Cahaya lebih memiliki keunggulan, tidak hanya karena perusahaan tersebut lebih dahulu mendirikan produk tv berlangganan, perusahaan tersebut juga memiliki channel lebih banyak daripada yang lain, terutama pada tayangan HBO yang memiliki berbagai varian lain seperti HBO Signature, HBO family dan HBO Hitz yang biasanya tv berlangganan yang lain tidak memilikinya. PT. Matahari Lintas Cahaya mempunyai divisi Corporate Information Technology yang menangani segala kegiatan operasional yang terkomputerisasi dan menangani masalah-masalah yang berkaitan dengan penerapan IT yang ada. Management Information System, bagian ini yang menangani segala kegiatan yang berkaitan dengan jaringan dan komputer dan juga menyediakan support untuk menangani masalah-masalah yang berhubungan. Dibagian ini terbagi menjadi 4 subdepartemen yaitu :
     

1.      Office Information system (OIS), khusus menangani kegiatan operasional kantor yang terkomputerisasi, penggunaan komputer, dan juga jaringan
2.      Coorporate Information System (CIS), khusus melakukan riset dan membuat aplikasi yang berguna mendukung operasional dikantor.
3.      Broadcast Information System (BIS), khus menangani sadalah terkomputerisaasi yang berhubungan dengan dividi broadcasting.
4.      Departemen Conditional Access, bagian ini yang khusus menangani hak akses pelanggan terhadap channel-channel tertentu yang boleh diakses sesuai dengan paket berlangganannya.