Selasa, 28 Desember 2010

manusia dan cinta kasih


CINTA

Cinta adalah rasa sangat suka atau sayang (kepada) ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih, artinya perasaan sayang atau cinta (kepada) atau sangat menaruh belas kasihan. Dengan demikian cinta kasih dapat diatikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.

Terdapat perbedaan antara cinta dan kasih, cinta lebih mengandung pengertian tentang rasa yang mendalam sedangkan kasih merupakan pengungkapan untuk mengeluarkan rasa, mengarah kepada yang dicintai.  Cinta samasekali bukan nafsu. Perbedaan antara cinta dengan nafsu adalah sebagai berikut:
  1. Cinta bersifat manusiawi
  2. Cinta bersifat rokhaniah sedangkan nafsu bersifat jasmaniah.
  3. Cinta menunjukkan perilaku memberi, sedangkan nafsu cenderung menuntut.
Cinta juga selalu menyatakan unsur  - unsur dasar tertentu yaitu:
  1. Pengasuhan, contohnya cinta seorang ibu kepada anaknya.
  2. Tanggung jawab, adalah tindakan yang benar – benar bedasarkan atas suka rela.
  3. Perhatian, merupakan suatu perbuatan yang bertujuan untuk mengembangkan pribadi orang lain, agar mau membuka dirinya.
  4. Pengenalan, merupakan keinginan untuk mengetahui rahasia manusia.
  1. Cinta Persaudaraan, diwujudkan manusia dalam tingkah atau perbuatannya. 
  2. Cinta Keibuan, kasih sayang yang bersumber pada cinta seorang ibu terhadap anaknya.
  3. Cinta Erotis, kasih sayang yang bersumber dari cinta erotis (birahi) merupakan sesuatu yang sifatnya khusus sehingga memperdayakan cinta yang sesunguhnya. 
  4. Cinta Diri Sendiri, yaitu bersumber dai diri sendiri. CInta diri sendiri bernilai positif jika mengandung makna bahwa seseorang dapat mengurus dirinya dalam kebutuhan jasmani dan rohani.
  5. Cinta Terhadap Allah,

                                         contoh cinta keibuan


KASIH SAYANG
Kasih sayang biasanya diidentifikasi dengan emosi, tapi sebenarnya ini fenomena yang sangat berbeda walaupun berkaitan erat. Sedangkan emosi merupakan respon individu internal yang menginformasikan dari probabilitas kelangsungan hidup bahwa setiap keadaan konkret yang menawarkan , kasih sayang adalah proses interaksi sosial antara dua atau lebih organisme. Afeksi merupakan ekspresi dari perawatan. Ini melambangkan keamanan, perlindungan, kenyamanan dan persetujuan - bahan penting dalam hubungan apapun.

Sayang sebagai bantuan sosial

makhluk hidup dapat dibagi menjadi spesies sosial dan asosial. spesies asosial adalah mereka yang individu tidak memerlukan kolaborasi individu lain dari spesies mereka untuk bertahan hidup. Ini berarti bahwa seorang individu dari suatu spesies asosial dapat memperoleh sumber daya yang dibutuhkan dengan sendirinya. Itu ada sejumlah besar spesies asosial, seperti nyamuk, kepiting atau blackberry.
Sebaliknya, spesies kebutuhan sosial, setidaknya dalam beberapa periode kehidupan mereka, kolaborasi dengan anggota lain dari spesies yang sama untuk bertahan hidup. Seorang individu sosial tidak dapat memperoleh dengan sendirinya semua sumber daya yang dibutuhkan untuk bertahan hidup. Keramahan adalah, kemudian, hasil yang memerlukan orang lain untuk bertahan hidup. Kami mendefinisikan interaksi sosial sebagai segala jenis interaksi yang menunjukkan tingkat tertentu membantu atau kerja sama. Bantuan dan kerjasama adalah persyaratan dalam semua spesies sosial. Tanpa bantuan, tanpa kerjasama dari yang lain, seorang individu dari satu spesies sosial tidak bisa bertahan.


Sosial spesies memiliki derajat yang sangat berbeda kebutuhan dan organisasi sosial. Banyak spesies yang sosial hanya selama bagian dari kehidupan mereka, biasanya saat mereka masih muda, dan kemudian mereka menjadi individu soliter. Beruang, misalnya, bersifat sosial hanya selama beberapa tahun pertama ketika mereka membutuhkan bantuan ibu mereka untuk bertahan hidup. Setelah ditinggalkan oleh ibu mereka, beruang hidup dalam kesendirian, kecuali untuk pertemuan dapat dihindari dengan beruang lain yang selalu lebih atau kurang agresif.

Kemudian, ketika orang biasanya mengatakan bahwa manusia membutuhkan kasih sayang untuk kesejahteraan mereka, kita mempertahankan bahwa mereka benar-benar mengacu pada fakta bahwa mereka membutuhkan bantuan dan kerjasama dari manusia lainnya untuk bertahan hidup. Artinya, orang mengungkapkan hal ini membutuhkan bantuan sosial sebagai kebutuhan kasih sayang. Oleh karena itu, kasih sayang dianggap sesuatu yang penting dalam kehidupan setiap manusia. Memberi kasih sayang berarti untuk membantu orang lain, memberikan kesejahteraan mereka dan mendapatkan kelangsungan hidup mereka.
Kasih sayang, didefinisikan sebagai bantuan atau kerjasama untuk bertahan hidup, memenuhi karakteristik yang orang atribut untuk itu dalam bahasa sehari-hari. Bantuan untuk bertahan adalah sesuatu yang seseorang memberikan kepada yang lain, menyiratkan upaya dari orang yang memberikan dan sangat penting untuk kelangsungan hidup especies manusia.

KEMESRAAN

Kemesraan berasal dari kata mesra yang berarti erat atau karib sehingga kemesraan berarti hal yang menggambarkan keadaan sangat erat atau karib. Kemesraan juga bersumber dari cinta kasih dan merupakan realisasi nyata. Kemesraan dapat diartikan sama dengan kekerabatan, keakraban yang dilandasi rasa cinta dan kasih.
Tingkatan kemesraan dapat dibedakan berdasarkan umur, yaitu:
  • Kemesraan dalam Tingkat Remaja, terjadi dalam masa puber atau genetal pubertas yaitu dimana masa remaja memiliki kematangan organ kelamin yang menyebabkan dorongan seksualitasnya kuat.
  • Kemesraan dalam Rumah Tangga, terjadi antara pasangan suami istri dalam perkawinan. Biasanya pada tahun tahun wal perkawinan, kemesraan masih sangat terasa, namun bisa sudah agak lama biasanya semakin berkurang.
  • Kemesraan Manusia Usia Lanjut, Kemsraan bagi manusia berbeda dengan pada usia sebelumnya. Pada masa ini diwujudkan dengan jalan – jalan dan sebagainya.


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar