Kamis, 21 Oktober 2010

Suku bangsa di Pulau Sumatera

Suku bangsa ialah persatuan sosial terhadap suatu kebudayaan karena kesatuan bangsa ataupun bahasanya . suku yang terdapat di pulau Sumatera beraneka ragam , antara lain :

  • Suku Bangsa Aceh :
         Penduduk aceh , sering dikenal dengan sebutan penduduk Serambi Mekah . Sebutan tersebut disebabkan oleh sejarah wilayah Aceh tersebut , yang menjelaskan bahwa daerah tersebuta adalah daeah yang pertama kali dimasuki oleh Agama Islam . Dalam keseharian penduduk Aceh sangat didominasi oleh pengaruh Agama Islam yang kuat seperti , perdagangan , perkawinan dan sistem kekerabatan . Penduduk aceh merupakan keturunan dari berbagai suku , kaum dan juga bangsa . Suku bangsa Aceh terdiri atas Gayo dan Aceh itu sendiri .

          Tarian - tarian yang berasal dari Aceh adalah ; Tari Seudati , Tari Rateb Meuseukat atau yang kita kenal dengan Tari Saman , Tari Likok Pulo , Tari Laweut , Tari Didong , Tari Pisan Raya , dan yang lain sebagainya . 



                                            salah satu trian aceh : tari saman

  • Suku Bangsa Batak :
          Suku Batak ini tinggal di daerah Sumatera Utara . Suku Batak terdiri atas beberapa kelompok , yaitu : Suku Batak Toba yang meliputi Balige , Porsea , Pasoburan , Laguboti , Ajibata , Uluan , Borbor , Luman Julu dan sekitarnya . Suku Batak Karo terletak di  daratan Tinggi Karo , nama suku ini dijadikan salah satu wilayah yg mereka tinggali . Suku Batak Simalungun salah satu suku asli yang tinggal di Kabupaten Simalungun , ada yang berpendapat bahwa leluhur mereka berasal dari luar Indonesia . Suku Batak Pakpak ini biasanya tinggal di Kabupaten Dairi dan Kabupaten Pakpak Batak . Suku Batak Angkola , angkola adalah tempat suatu daerah yang berada di Sumatera Utara tepatnya di Tapanuli bagian Selatan . Yang terakhir Suku Batak Mandailing yang bertempat tinggal di Kabupaten Tapanuli Selatan dan Kabupaten Mandailing Natal .

            Karakteristik budaya Batak , diantaranya mengenal adanya marga . Marga suku Batak akan terlihat dari nama diri yang digunakannya , sepeti Akbar Tanjung ( berarti dia bermarga Tanjung ) , Abdul Haris Nasution ( berarti dia bermarga Nasution ) . Bahasa sehari - hari Suku Batak adalah bahasa Batak dengan logat Karo , Simalungun , Pakpak , dan Toba .


                                                  salah satu contoh rumah suku Karo


  • Suku Bangsa Minangkabau
           Suku bangsa Minangkabau meliputi wilayah Provinsi Sumatera Barat . Suku ini sering juga disebut dengan suku bangsa Padang . Karakteristik dari kehidupan sosial budayasuku Minangkabau , antara lain dapat dilihat dari bentuk rumah penduduk . Rumah - rumah penduduk suku Minangkabau dinamakan dengan Rumah Gadang . Rumah Gadang berbentuk persegi panjang dan lantainya terbuat dari kayu . Rumah Gadang biasanya di cat dengan menggunakan warna coklat tua . Masyarakat Minangkabau terkenal dengan kebiasaan hidup yang suka mengembara dan begadang .



                                               rumah suku minangkabau : rumah gadang

2 komentar:

  1. thanks ya kak. tugasq udah kelar nih.. tinggal copy paste :D

    BalasHapus
  2. Ulasan yang sangat bagus., Lanjutkan :)

    BalasHapus