Rabu, 16 Februari 2011

manusia , rasa ingin tahu dan ilmu pengetahuan

         
         Manusia dilahirkan dan diciptakan dengan mempunyai akal pikiran dan juga nafsu . Dari akal pikiran tersebut muncul rasa ingin tahu yang timbul dalam diri manusia dalam proses belajar . manusia memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi , mereka selalu berusaha mencari jawaban atas segala macam hal atau fenomena yang baru ia temukan . 


       Rasa ingin tahu yang terus berkembang dan seolah-olah tanpa batas itu menimbulkan perbendaharaan pengetahuan pada manusia itu sendiri. Hal ini tidak saja meliputi kebutuhan-kebutuhan praktis untuk hidupnya sehari-hari . rasa ingin tahu ini mendorong manusia untuk menciptakan sebuah kerangka berfikir . bermula dari rasa ingin tahu manusia  tersebut muncullah suatu keinginan untuk mencari tahu jawaban atas segala pertanyaan yang ada di pikiran seseorang . dalam proses pencarian jawaban tersebut , manusia tersebut cenderung belajar dan mendapatkan pengetahuan baru yang sudah ia temukan dalam pencaharian menemukan jawaban atas segala pertanyaannya .

        Contohnya , mengapa 2 tumbuhan itu dapat berbeda pertumbuhannya jika masing masing tumbuhan ditempatkan kedalam intensitas cahaya yang berbeda? . Pada tumbuhan yang diberi intensitas cahaya yang rendah , batang tumbuhan tersebut bertumbuh sangat cepat sedangkan tumbuhan yang di beri intesitas cahaya yang tinggi pertumbuhan batangnya lambat daripada tumbuhan yang diberi intensitas cahaya yang rendah ? . dari pertanyaan tersebut manusia mulai mengolah pikiran dan mulai ,enimblkan kerangka berfikir mereka . pertanyaan inilah yang akhirnya menjadi ilmu pengetahuan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar