Kamis, 26 Mei 2011

Tokoh Matematika


A. Thales 


Thales merupakan pelopor matematika dan filsafat Yunani Dan dikenal  Teorema  Thales .  Thales  mengatakan  proposisi  diakui  oleh  teorema  Thales ,  yaitu :
1. Lingkaran dibagi dua garis melewati pusat (diameter)
2. Tingkat sudut dasar segitiga sama kaki sama besar
3. Sudut vertikal yang dibentuk oleh dua garis sejajar dipotong oleh traverse garis lurus, sama besar
4. Ada beberapa sisi, beberapa sudut yang terletak di sisi itu danbeberapa sudut yang terletak sebelum sisi yang berukuran  sama ,   maka baik  yang  segitiga  dikatakan  sama
5. dengan palet diketahui dan sudut tertentu yang berlaku untuk mengukurjarak kapal.

B. Anaximander 
Anaximander menulis makalah tentang geometri luar, apa yang penekanannya tentang bola dan mengembangkan gagasan filsaf
at yang berkaitan dengan ruang dan waktu Disebutkan  juga  bahwa  Anaximinder  berhasil untuk membuat dunia . Dia adalah orang pertama  mendefinisikan penggunaan Gnomon  ( pointer melekat di  dataran untuk menghitung waktu ) ,  kemudian teknik ini menjadi dasar  penciptaan piringan matahari guna menentukan waktu . Selain Anaximder berjasa juga dalam menghubungkan ide Thales untuk Pythagoras.

C. Pythagoras 
Matematikawan Yunani Pythagoras dianggap oleh beberapa orang untukmenjadi salah satu ahli
 matematika  besar  pertama .  Tinggal  di  Yunani  modern ,  ia dikenal memiliki mendirikan kultus Pythagoras ,  yang dicatat oleh Aristoteles menjadi salah satu dari kelompok pertama untuk secara aktif belajar dan matematika . Ia juga sering dikreditkan dengan Teorema Pythagoras dalam trigonometri .

D. Aristoteles 
Aristoteles dianggap sebagai ilmuwan terbesar di dunia kuno
, dan filsuf yang paling berpengaruh dan ahli logika yang pernah , ia juga termasuk salah satu peringkat dalam daftar Michael Hart dari Orang Paling Berpengaruh dalam Sejarah . (ilmu-Nya adalah kurikulum standar selama hampir beribu tahun , tidak beruntung karena banyak dari ide-idenya cukup keliru) Tulisan-tulisannya tentang definisi , aksioma dan bukti mungkin telah mempengaruhi Euclid . Ia juga ahli matematika pertama yang menulis tentang masalah tak terhingga . Tulisan-tulisannya meliputi teorema geometris , beberapa dengan bukti-bukti yang berbeda dari Euclid atau hilang dari Euclid sama sekali , salah satunya (yang dilihat hanya dalam karya Aristoteles sebelum Apollonius) adalah bahwa lingkaran adalah tempat kedudukan titik-titik yang jarak dari dua titik tertentu dalam rasio konstan .

E.Hippocrates
Hippocrates dikatakan telah menemukan metode reductio iklan absurdem bukti . Hippocrates yang paling terkenal untuk karyanya pada tiga quandaries geometris kuno : karyanya pada kubus-penggandaan ( Masalah Delian ) meletakkan dasar bagi upaya sukses dengan Archytas dan lain-lain . dia membuktikan teorema cerdik tentang "lunes" ( fragmen kalangan tertentu ) , dan beberapa Hippocrates mengklaim yang pertama kali bagi tiga sudut umum . ( Menggandakan kubus dan pembagian atas tiga bagian sudut sering disebut " tidak mungkin "  tetapi mereka mungkin hanya ketika terbatas runtuh kompas dan sejajar unmarkable ada solusi cerdik tersedia dengan alat-alat lain ) Hippocrates juga melakukan karya dalam aljabar dan analisis dasar .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar