Rabu, 11 Desember 2013

Problem sistem parkir dan cara penanganannya


Saat ini banyak yang sudah menggunakan mobil sebagai kendaraan pribadi mereka, dengan hal tersebut dapat menjadi problem ketika kita mencari tempat parkir saat mengunjungi suatu tempat seperti pusat perbelanjaan yang biasanya ramai pada akhir pekan. Sistem parkir otomatis merupakan ide yang dapat memberikan solusi terhadap masalah tersebut
Sistem parkir otomatis dirancang dengan menggunakan mikrokontroller AT89S51 sebagai otak pengendali, Tag RFID dan Reader sebagai identifikasi pemilik kendaraan, beberapa landasan angkat (pallets) yang dapat digerakkan bebas oleh 4 motor gearbox, dilengkapi juga dengan sensor interruptor GP1S53VJ000F sebagai limit switch pendeteksi batas minimum dan maksimum gerakan motor.
Alat ini dirancang berupa prototipe konstruksi 8 loket parkir disusun dua tingkat saling berhadapan dengan masing2 ukuran 22 x 12 x 11 cm, lift parkir pengangkat pallet yang dapat berputar pada poros R beserta rel antar loket, rangkaian elektronik sistem kontrol gerak lift pembawa pallet kendaraan bolak balik dari loket parkir dan catu daya. 
Dengan sistem ini, pengemudi cukup mendekatkan kartu RFID ke receiver agar dapat memarkirkan kendaraan diatas pallet yang telah teridentifikasi dari loket parkir kosong dan segera setelah terparkir dengan baik diketahui melalui tanda dari LED dan buzzer, pallet akan dikunci posisinya agar tidak bergerak, disusul pengemudi diharuskan meninggalkan kendaraan. Setelah itu pengemudi perlu menekan tombol untuk memulai proses otomatisasi parkir. Sistem parkir ini dirancang dengan database dan software untuk parkir berlangganan pada perkantoran, apartemen dan perumahan, yang tentunya dapat pula dikembangkan untuk parkir umum seperti pusat perbelanjaan.

Dengan adanya sistem parkir otomatis tersebut dapat memudahkan para pengguna mobil untuk memarkirkan mobilnya tanpa harus berkeliling untuk mencari tempat parkir yang kosong, dapat menghemat waktu para pengguna mobil, dapat mencegah pencurian mobil yang sering terjadi, dan juga dapat memberikan kepraktisan, keamanan dan kenyamanan bagi pengemudi kendaraan serta efisiensi penggunaan lahan parkir yang serba terbatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar